6 DESTINASI WISATA PULAU SERIBU, yang Mana Pilihan Anda?

pulau-seribu, Pulau-ayer

Siapa yang tidak mengetahui Pulau Seribu?

Kepulauan Seribu yang masih termasuk kedalam daerah DKI Jakarta ini sangat terkenal dan memiliki daya tarik panorama laut yang alami bagi wisatawan lokal maupun asing.

Dinamakan kawasan Kepulauan Seribu karena memiliki gugusan pulau-pulau kecil yang jumlahnya cukup banyak.

Kawasan Kepulauan Seribu memang memiliki potensi yang besar untuk pengembangan wisata bahari, mengingat letaknya yang dekat dengan pusat kota Jakarta, menjadikan kawasan ini sebagai primadona destinasi wisata bahari terdekat bagi warga Jakarta.

Pulau Seribu dapat diakses dengan jalur laut dari beberapa pelabuhan yakni Marina, Kaliadem, Muara Angke, Rawasaban, Muara Kamal, Keronjo dan Maok.

Daya Tarik Wisata Pulau Seribu

Panorama alam seperti pada saat matahari terbit dan matahari terbenam menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Beberapa pulau bahkan menjadikan sunset dan sunrise hunter sebagai salah satu agenda wajib dalam setiap paket wisata pulaunya.

Berkat keindahan alam yang dimilikinya, banyak sekali alternatif kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Seribu antara lain, menyelam pada 26 spot yang menarik, snorkeling, memancing, berjemur di pantai, berkemah dan edukasi pendidikan alam seperti penanaman mangrove, rehabilitasi karang, penyu sisik dan elang bondol.

Tidak hanya untuk sekedar berwisata saja, namun bagi rombongan perusahaan juga dapat melakukan banyak aktivitas lainnya di pulau ini seperti Outing, Outbound dan Family Gathering.

Berikut ini beberapa pulau yang cukup terkenal dan paling banyak menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun asing :

1. Pulau Tidung

Jembatan-cinta, pulau-tidung
Pulau Tidung dapat ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam dari dermaga Muara Angke atau sekitar 1,5 jam menggunakan kapal speedboat dari Marina.

Pulau Tidung adalah tempat paling terkenal sekawasan Pulau Seribu. Menjadi sebuah ikon dari pulau seribu, dengan pesona laut biru yang mempesona Pulau Tidung menjadi idola bagi para wisatawan.

Pulau Tidung terbagi menjadi dua bagian yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dimana kita ketahui kedua bagian tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan panjang yang kini kita kenal dengan sebutan jembatan cinta.

Pulau Tidung merupakan pulau yang paling sering digunakan oleh banyak kalangan baik untuk tujuan Wisata, Outbound maupun Family Gathering. Oleh karena itu, walaupun penginapan di pulau ini tersedia dalam bentuk homestay, namun biasanya dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan agar wisatawan merasa nyaman dan rileks.

2. Pulau Pari

Pantai-pari, Lokasi-pulau-pari
Lokasi Pulau Pari berada di sebelah tenggara dari Pulau Tidung dan cukup berdekatan jaraknya, merupakan pulau yang dihuni oleh beberapa penduduk.

Pulau Pari mempunyai pantai yang sangat indah dan berpasir halus yakni Pantai Perawan yang tetap terjaga dengan baik seperti pada gambar diatas. Tidak heran bila di pulau ini terdapat lembaga penelitian pemerintah (LIPI) yang memperhatikan ekosistem biota laut.

Bila snorkeling di Pulau Pari, wisatawan dapat menyaksikan keindahan karang bawah lautnya yang cukup terjaga.

Sebab masyarakat pulau umumnya sudah memahami pentingnya terumbu karang bagi ekosistem laut, terlebih bagi nelayan dan petani budidaya rumput laut.

Penginapan atau homestay di Pulau Pari terbilang tidak sebanyak di Tidung.

Hal ini selain karena jumlah penduduk yang lebih sedikit namun juga sebagai salah satu cara untuk menjaga keindahan pulau tersebut dari pencemaran lingkungan.

Jadi apabila anda berencana untuk berwisata selama beberapa hari pulau ini, pastikan anda sudah membooking terlebih dahulu beberapa pekan sebelumnya.

Atau bisa juga seperti para backpacker, dengan mendirikan tenda dipinggiran pantai terasa lebih seru dan mengasyikan.

3. Pulau Pramuka

Lokasi tempat Wisata Pulau Seribu berikutnya adalah Pulau Pramuka.

Pulau Pramuka terletak di sebelah timur laut Pulau Tidung, merupakan pulau berpenduduk cukup ramai dan mulai berkembang menjadi daerah pariwisata beberapa tahun belakangan ini.

Untuk menuju Pulau Pramuka dapat ditempuh dengan perahu dari pelabuhan Kali Adem dan juga Marina Ancol.

Tidak kalah dengan pulau-pulau sebelumnya Pulau Pramuka juga sangat menarik untuk dijadikan referensi tempat wisata karena sejarah, keramahan penduduknya dan tentunya keindahan alam di sekitar pulau tersebut.

Di pulau Pramuka selain menikmati keindahan lautnya, anda juga bisa sekalian belajar mengenai kehidupan penyu sisik. Penyu tersebut merupakan spesies penyu yang paling langka sehingga pulau ini juga dijadikan sebagai tempat pelestarian spesies penyu sisik.

4. Pulau Harapan

pulau-harapan, kepulauan-seribu
Pulau dengan review terbaik untuk melakukan snorkling dan diving, begitulah Pulau Harapan dikenal oleh para wisatawan backpacker.

Saat berada di pulau ini, kesan tenang dan asri sangat begitu terasa, pepohonan yang rindang dan semilir angin sepoy-sepoy memberikan keteduhan bagi pengunjungnya.

Pasir putih yang terhampar dan indahnya laut biru yang membentang memberikan pesona yang paling berbeda dengan pulau-pulau lain disekitarnya.

Lokasi Pulau Harapan letaknya berdekatan dengan beberapa pulau lain, seperti pulau Panjang, Pulau Macan dan Pulau Putri.

Untuk menuju Pulau Harapan bisa menggunakan kapal dari muara angke/kali adem dengan waktu tempuh ± 3 jam, namun bila anda menginginkan waktu tempuh yang lebih singkat maka bisa menggunakan speedboat dari Marina Ancol hanya dengan waktu ± 60 menit saja.

5. Pulau Ayer

Salah satu pilihan pulau yang menyediakan fasilitas resort, Pulau Ayer memiliki julukan sebagai Mutiara Kepulauan Seribu.

Memadukan konsep modern dengan bangunan tradisional dari Papua Barat memberikan kesan yang natural dan nyaman.

Beberapa cottage terapung dibangun diatas permukaan laut membuat pemandangan yang luar biasa.

Letak Pulau Ayer hanya berjarak sekitar 14 km atau sekitar ±30 menit dari Marina Ancol. Bagi wisatawan yang mengutamakan kenyamanan dan pelayanan, memilih Pulau Ayer sebagai pulau premium adalah pilihan yang tepat.

Dimasa lampau tempat ini sering dijadikan sebagai salah satu pilihan tempat untuk berlibur oleh Presiden RI kita yang pertama.

6. Pulau Putri

lokasi-pulau-putri, undersea-aquarium

Hanya di Pulau Putri anda bisa menikmati keindahan bawah laut tanpa harus menyelam apa lagi basah-basahan. Adanya Undersea Aquarium (akuarium bawah laut) dan sebuah kapal yang memiliki pemandangan transparan ke dasar laut memberikan view yang eksotik.

Hanya berjarak kurang lebih 90 menit saja dari ibukota Jakarta dengan menggunakan kapal cepat, anda sudah sampai di pulau yang tersohor ini.

Semua cottage di Pulau Putri dibangun menghadap ke laut, memberi nuansa yang sangat elok dan landscape. Ruangan yang dilengkapi dengan Air Conditioner, Hot shower, lemari pendingin dan private teras membuat anda terpesona saat anda berada di pulau ini.

Untuk biaya dan harga penginapan di Pulau Putri cukup terjangkau bagi kelas menengah. Apalagi bila dibandingkan dengan pulau resort sejenis dan keindahan yang dimilikinya, pulau ini terbilang cukup murah.

Nah, itulah beberapa pilihan destinasi tempat Wisata Pulau Seribu. Semoga bisa membantu anda dalam menentukan tempat yang cocok untuk anda berlibur.

Yang mana pilihan anda? silahkan isi komentar dibawah.

0 komentar:

Posting Komentar